Home / Kesehatan

Minggu, 11 April 2021 - 09:58 WIB

10 Tips Diet Bulan Puasa Saat Sahur & Berbuka

10 Tips Diet Bulan Puasa Saat Sahur & Berbuka : Puasa bisa membantu kamu yang ingin memiliki berat badan ideal. Menjalani diet sambil menjalani ibadah puasa adalah waktu yang tepat mengingat pada saat puasa makanan yang kamu konsumsi dibatasi pada waktu sahur dan buka puasa.

Namun terkadang, momen puasa bisa menjadi penyebab kenaikan berat badan. Hal ini lantaran banyak di antara kamu yang makan dengan porsi banyak pada saat berbuka. Selain itu, asupan nutrisi dan gizi yang dikonsumsi ketika berbuka maupun sahur tidak seimbang.

Lalu, bagaimana caranya melakukan diet cepat dan tepat saat menjalani ibadah puasa? Kamu bisa mulai dengan konsumsi makanan yang sehat agar asupan nutrisi serta gizi kamu seimbang. Selain itu, jangan lupa untuk mengontrol makanan yang kamu konsumsi perharinya.

Mengurangi Asupan Kalori, Kunci Diet Cepat Saat Puasa

Sebaiknya kurangi asupan kalori sebanyak 500 kalori per hari ketika menjalankan ibadah puasa. Mengurangi asupan 500 kalori dapat menurunkan berat badan sebanyak 0,5 hingga 1 kilogram per minggunya.

Tapi ingat, jangan berlebihan dalam membatasi jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Tubuh tetap membutuhkan sebanyak 1200 kalori perhari. Akan banyak dampak buruk pada kesehatan ketika tubuh kekurangan kalori seperti rasa lelah yang terus menerus, kerontokan rambut, selalu merasa kedinginan, mengalami sembelit dan perubahan suasana hati yang tidak menentu.

Baca Juga   Info Diet Keto,  Apakah Diet Ini Berbahaya Bagi Kesehatan Anda?

Tips Diet Bulan Puasa Di bawah ini 10 tips diet sehat selama bulan Ramadan

1. Kurangi asupan minyak dalam makanan karena akan membuat orang merasa malas dan kurang energik. Misalnya, beralih dari ayam goreng ke ayam bakar.

2. Konsumsi air kelapa saat sahur, karena akan membantu menjaga tingkat hidrasi dalam tubuh sampai tiba waktunya berbuka puasa

3. Pada saat berbuka puasa, ada baiknya berbuka puasa dengan kurma dan milkshake. Jus tebu juga baik dikonsumsi selama buka puasa karena kaya akan glukosa, sehingga menjadi sumber energi langsung untuk semua sel yang ada dalam tubuh.

4. Buah segar adalah pilihan yang baik dibanding jus buah karena kaya akan serat. Raspberry, strawberry, apel, pisang, dan jeruk semuanya kaya serat. Jadi sebaiknya pilih piring buah daripada jus buah.

5. Untuk menghindari gangguan pencernaan dan perut kembung, konsumsi makanan dengan sedikit lemak dan rempah-rempah. Untuk alasan yang sama, hindari makan berlebihan. Minuman berkarbonasi juga tidak terlalu besar. Minum ramuan hangat seperti jahe jelas lebih sehat daripada minuman dingin.

6. Tingkatkan asupan air setelah berbuka puasa. Karena antara buka puasa dan sahur adalah satu-satunya waktu air dapat dicerna, minum air lebih sering daripada biasanya. Dua liter air adalah tujuan yang harus dipenuhi untuk mengisi kembali sel-sel di dalam tubuh.

Baca Juga   Virus Corona Lengkap Dengan Pengertiannya

7. Untuk sahur, cobalah memasukkan beberapa produk makanan dari gandum ke dalam piring makan. Produk makanan gandum membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam untuk dicerna dan karenanya akan membantu untuk tidak merasa lapar terlalu dini.

8. Untuk makan malam, cobalah memasukkan beberapa makanan laut, karena sebagian besar makanan laut rendah lemak dan kolesterol, serta kaya protein, vitamin, mineral, dan asam lemak Omega 3.

9. Dapat juga memasukkan irisan lemon atau jeruk nipis di minuman saat berbuka puasa. Ini adalah minuman sederhana yang memiliki kadar jumlah air jeruk nipis dan air yang sama. Idealnya, masing-masing tidak boleh lebih dari 30-50 ml.

10. Putih telur dan yoghurt sangat baik dimasukkan ke menu makanan, karena kaya kandungan protein.

Di akhir kata, dalam menjalankan diet sehat selama berpuasa penting memperhatikan asupan makanan dan cairan yang seimbang.

Ini guna mencegah kerusakan otot sehingga makanan harus kaya energi termasuk karbohidrat dan sebagian lemak. Oleh karena itu, diet seimbang dengan jumlah nutrisi, garam, dan air yang seimbang itu sangat penting.

Pada akhirnya, fokus tidak harus sepenuhnya pada berat badan tapi lebih pada perhatian bagaimana kamu berpuasa dan berbuka puasa. Ini dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mempertahankan perilaku itu sehingga bisa menjadikannya gaya hidup yang dapat dilanjutkan bahkan setelah puasa berlalu

Share :

Baca Juga

Jenis Olahraga dan Tips

Kesehatan

7 Tips dan jenis olahraga Saat Puasa Baik Untuk Kesehatan Tubuh
Virus Corona

Kesehatan

Virus Corona Lengkap Dengan Pengertiannya
Makeup

Kesehatan

Mengapa Makeup Merupakan Ide Yang Baik?
14 Resep masakan buka puasa Ramadhan

Kesehatan

14 Resep masakan buka puasa Ramadhan
Info Diet Keto

Kesehatan

Info Diet Keto,  Apakah Diet Ini Berbahaya Bagi Kesehatan Anda?
Manfaat Buah Alpukat

Kesehatan

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan