Home / Kesehatan

Jumat, 30 April 2021 - 22:38 WIB

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan : Alpukat adalah salah satu buah yang sangat populer. Banyak orang yang memanfaatkan alpukat sebagai bahan makanan dan minuman. Tak hanya lezat, buah ini sangat baik bagi tubuh karena mengandung vitamin A, B, C, E, dan K, karbohidrat, protein, folat, dan magnesium. Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh.

Potasium adalah satu di antara mineral yang sangat penting, namun terkadang orang tidak dapat mendapatkannya begitu saja. Dengan mengonsumsi alpukat, Anda dapat mendapatkan 14 persen potasium yang direkomendasikan untuk tubuh. Nilai tersebut lebih besar dari pada pisang yang mengandung sebesar 10 persen potasium

Memiliki asupan potasium yang cukup tinggi dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko terkena penyakit stroke, serangan jantung dan juga gagal ginjal.

Manfaat Buah Alpukat mengandung “vitamin B6” dan “asam folat”, yang membantu mengatur kadar homocysteine. Tingkat homocysteine tinggi dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit jantung. Selain itu, buah alpukat juga mengandung “vitamin E”, “Glutathione” dan “lemak tak jenuh tunggal” yang bermanfaat membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

Alpukat kaya akan “senyawa” yang disebut “beta-sitosterol” yang telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol darah. Menurut sebuah penelitian, pasien dengan “hiperkolesterolemia” ringan yang termasuk alpukat dalam diet mereka selama 7 hari memiliki 17 persen penurunan kadar kolesterol darah total, 22 persen penurunan di kedua “LDL” (kolesterol buruk) dan “trigliserida”, dan peningkatan 11 persen dalam tingkat “HDL” (kolesterol baik).

Alpukat juga merupakan sumber “kalium”, yang membantu dalam mengontrol tekanan darah. Senyawa “Phytonutrient” yang ditemukan dalam alpukat, seperti “polyphenols” dan “flavonoids” telah ditemukan memiliki sifat “anti-inflamasi”, sehingga mengurangi risiko gangguan “inflamasi” dan “degenerative”.

Alpukat merupakan sumber yang sangat baik dari “carotenoid lutein”, yang dikenal untuk membantu melindungi terhadap usia terkait “macular degeneration” dan katarak. Lemak baik tak jenuh tunggal dalam alpukat dapat membalikkan “resistensi insulin”, yang membantu mengatur kadar gula darah. Alpukat juga mengandung lebih banyak serat larut, yang menjaga kadar gula darah stabil.

Alpukat kaya akan “folat”, “vitamin B” dikenal sebagai “folic acid”. Satu cangkir alpukat menyediakan sekitar 23% dari Nilai Harian untuk folat. Tingginya jumlah folat dalam alpukat sangat penting dalam pencegahan cacat lahir, seperti kerusakan saraf dan “spina bifida”.

Tingginya tingkat “folat” dalam alpukat juga melindungi terhadap stroke. Sebuah penelitian telah membuktikan orang yang makan diet kaya folat memiliki risiko lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang tidak. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat dapat menghambat pertumbuhan “kanker prostat”. “Asam oleat” dalam alpukat juga efektif dalam mencegah kanker payudara.

Alpukat mengandung “glutation”, sebuah “antioksidan” kuat untuk membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Kaya akan “antioksidan”, alpukat sangat bermanfaat dalam mencegah gejala penuaan. “Glutathione” dalam alpukat mungkin meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan, dan mendorong sistem saraf yang sehat. Alpukat merupakan salah satu pencuci mulut alami terbaik dan obat bau mulut. Alpukat membersihkan usus yang merupakan penyebab sebenarnya dari bau mulut dan ini kondisi yang tidak menyenangkan.

Baca Juga   10 Tips Diet Bulan Puasa Saat Sahur & Berbuka

Asupan Alpukat dikaitkan dengan meningkatnya penyerapan gizi. Sebuah studi menunjukkan bahwa, ketika peserta makan salad termasuk alpukat, makanan tersebut menyerap lima kali jumlah “carotenoids” (kelompok nutrisi yang mencakup “beta carotene” dan “lycopene”) daripada mereka yang tidak memakan alpukat.

Serat alpukat ditambahkan dalam banyak kosmetik karena kemampuannya untuk memelihara kulit dan membuat kulit Anda bersinar. Hal ini juga membantu dalam mengobati “psoriasis”, suatu penyakit kulit yang menyebabkan kulit kemerahan dan “iritasi”.

Alpukat memiliki 200 kalori setiap 100 gram. Biasanya, buah-buahan memiliki sekitar 60-80 kalori untuk 100 gram. Karena jumlah tinggi kalori, alpukat adalah diet terbaik bagi orang-orang yang ingin menambah berat badan. Alpukat merupakan sumber kalori yang sehat, tidak seperti banyak makanan padat kalori lainnya yang mungkin mengandung lemak jenuh dan gula berlebih.

Kandungan Gizi Buah Alpukat

Selain mengandung banyak nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh, alpukat digemari banyak kalangan karena memiliki rasa yang enak dengan tekstur lembut seperti krim. Buah ini juga sering dijadikan sebagai sari obat untuk merawat kecantikan dan kulit oleh kaum wanita.

Dengan kandungan nutrisinya, ada beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan dengan rutin mengonsumsi alpukat, satu di antaranya menurunkan kolesterol. Berikut rangkuman dari Lifehack, enam manfaat buah alpukat bagi kesehatan.

Meningkatkan Daya Kerja Otak

Ada beberapa nutrisi yang terkandung dalam alpukat, seperti asam lemak omega-3 dan vitamin E, yang sangat baik untuk membantu kinerja otak.

Kedua nutrisi tersebut meningkatkan suplai darah ke korteks pre-frontal, yang merupakan daerah di dalam otak yang bertugas dalam pengambilan keputusan dan pikiran kritis.

Menjaga Gula Darah

Mengonsumsi alpukat secara rutin dapat mengontrol gula darah di dalam tubuh dan membantu melawan resistensi pada insulin.

Ada beberapa penelitian yang telah dilakukan menyebutkan, orang yang mengonsumsi alpukat saat sarapan atau makan siang dapat memiliki rasa kenyang yang lebih lama sehingga mengurangi rasa lapar, yang terkadang menyebabkan kita mengonsumsi makanan berlebihan yang dapat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh.

Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, serta merupakan karoten yang baik dalam menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko mata terkena beberapa penyakit.

Mengonsumsi alpukat secara rutin setiap hari juga dapat melindungi mata dari gelombang cahaya yang dapat merusak mata.

Konsumsilah alpukat yang tidak diberi bahan campuran untuk mendapatkan khasiatnya dengan maksimal.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang berusaha dalam menurunkan berat badan, carilah alpukat dan mengonsumsi secara rutin, karena alpukat dapat membantu usaha Anda menurunkan berat badan.

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk tubuh, sehingga memasukkan alpukat ke menu diet dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar.

Baca Juga   Mengapa Makeup Merupakan Ide Yang Baik?

Lebih Banyak Mengandung Potasium daripada Pisang

Potasium adalah satu di antara mineral yang sangat penting, namun terkadang orang tidak dapat mendapatkannya begitu saja.

Lemak Sehat

Kandungan lemak pada alpukat berbeda dengan lemak dari bahan makanan yang lain. Lemak baik di alpukat menempati porsi tiga perempat dari jumlah kalori buah alpukat. Kandungan lemak alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal, yaitu dalam bentuk asam oleat.

Manfaat Lemak Sehat bagi tubuh adalah untuk kesehatan Jantung. Karena sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menurunkan resiko stroke dan juga jantung disease.

Protein

Setiap buah alpukat terdiri dari sekitar 4 gram protein, kandungan ini jauh lebih besar dibandingkan dengan kandungan protein pada buah apapun.

Vitamin dan Mineral

Seperti halnya kandungan buah lain, Alpukat memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Buah Alpukat memiliki kandungan kalium yang lebih besar daripada pisang. Disamping itu, buah alpukat juga mengandung vitamin K, vitamin B9, vitamin B6, vitamin B5 dan vitamin C serta vitamin E2.

Serat

Buah alpukat yang berukuran sedang mengandung 11 gram serat, hampir setengah dari serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Nah, selanjutnya mari kita simak informasi mengenai manfaat buah alpukat bagi wajah dan juga kesehatan tubuh.

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

Banyak masyarakat Indonesia yang masih beranggapan bahwa makanan berlemak bisa meningkatkan berat badan. Memang iya, tapi kandungan lemak jahatlah yang bisa membuat gemuk. Menurut penelitian terkini, buah alpukat memiliki asam lemak tak jenuh tunggal sangat baik untuk digunakan sebagai pembakaran energi dan lemak tidak tersimpan di dalam tubuh.

Manfaat Alpukat untuk kesehatan tubuh selain itu adalah menekan penyakit diabetes. Dalam hal ini, Alpukat dapat mengurangi LDL (Kolestrol jahat) dan juga meningkatkan HDL (Kolestrol baik dalam darah). Dengan berkurangnya kolestrol jahat dalam darah bisa mengurangi resiko diabetes.

Manfaat Alpukat Untuk Wajah

Buah alpukat bisa membuat kulit wajah menjadi cerah berseri, tentunya dengan penggunaan rutin dan komposisi yang tepat. Selain itu, buah alpukat mampu melindungi kulit dari keriput dan tanda tanda penuaan yang lain. Karena kandungan karotenoid dan vitamin E mampu membantu menjaga wajah. Selain itu vitamin C yang terlibat dalam penciptaan elastin dan kolagen mampu menjaga elastisitas kulit agar tetap kencang.

Cara Menggunakan Alpukat Untuk Kecantikan

Lumatkan buah alpukat sampai halus. Kemudian balurkan pada wajah dengan menggunakan air hangat kurang lebih 30 menit. Gunakan secara teratur 2 kali sehari pada pagi dan sore atau malam hari. Hal ini dapat membantu wajah menjadi lebih cerah dan bisa menghaluskan kulit. Tidak hanya wajah, kamu juga bisa membalurkan pada tangan.

Share :

Baca Juga

Info Diet Keto

Kesehatan

Info Diet Keto,  Apakah Diet Ini Berbahaya Bagi Kesehatan Anda?
Tips Diet Bulan Puasa

Kesehatan

10 Tips Diet Bulan Puasa Saat Sahur & Berbuka
Makeup

Kesehatan

Mengapa Makeup Merupakan Ide Yang Baik?
14 Resep masakan buka puasa Ramadhan

Kesehatan

14 Resep masakan buka puasa Ramadhan
Jenis Olahraga dan Tips

Kesehatan

7 Tips dan jenis olahraga Saat Puasa Baik Untuk Kesehatan Tubuh
Virus Corona

Kesehatan

Virus Corona Lengkap Dengan Pengertiannya