Home / Teknologi

Kamis, 15 April 2021 - 01:04 WIB

Manfaat Teknologi Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Manfaat Teknologi Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19 : Perwujudan kehidupan manusia semakin lama semakin kompleks dengan permasalahan kehidupan yang semakin kompleks pula, hal ini tidak hanya terjadi di negeri ini namun juga menjadi topik permasalahan di dunia internasional. Corona virus sedang menjadi masalah yang melanda dunia saat ini tidak luput negara Indonesia.

Virus ini menyebakan banyak kegaitan di berbagai abidang terhenti guna meminilisir penyebaran yang terjadi. Salah satu bidang yang berdampak akibat corona virus ini yaitu bidang pendidikan. Hal ini menyebabkan Indonesia harus aktif dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Hingga lahirlah deklarasi untuk tetap produktif dalam menghadapi pandemi COVID-19 di seluruh dunia internasional.

Deklarasi ini berkaitan erat dengan SDG’s (Sustainable Development Goals). Dalam deklarasi ini ada 17 hal tujuan dalam global SDG’s ini, diantaranya yaitu global tanpa kelaparan, tanpa kemiskinan, kesehatan dan kesejahteraan yang baik, pendidikan yang berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan senitasi, energi bersih dan terjangkau, dan lain sebagainya. Saat seperti ini sesuai dengan poin 4 SDG’s yaitu pendidikan berkualitas.

Dalam keadaan kritis saat ini Indonesia saat ini masih dihadapi dengan kesulitan dan kurangnya teknologi pendidikan dalam menunjang pembelajaran apalagi pada saat keadaan terpuruk saat pandemi COVID-19. Menurut Education of Educational Achievement (IEA) Indonesia kurang optimal dari pengukuran prestasi pada perbandingan pendidikan dengan peringkat 38 dari 39 negara (IEA, 2011).

Manfaat teknologi pendidikan dan perkembangan, pendidikan menjadi faktor penting dalam menyelesaikan masalah pendidikan saat pandemi COVID-19. Teknologi pendidikan dapat memberikan kemudahan informasi serta penyampaian materi sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan tidak menjadi kendala terkhusus pada saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Dengan ciri khas, antusias, dan perkembangan yang cepat saat ini serta berkaitan dengan generasi muda/millenial di saat pandemi COVID-19 mengakibatkan teknologi pendidikan merupakan solusi aktif yang tepat dan efisien yang dapat dimanfaatkan guna menunjan pembelajaran mandiri saat ini.

Teknologi pendidikan menciptakan cangkupan yang luas saat belajar mandiri. Teknologi pendidikan dapat menciptakan pembelajaran tetap berjalan baik serta mendukung pemerintah dalam upaya menjaga physical distancing sesuai protokol kesehatan. Hal ini juga sesuai dengan arahah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan proses kegiatan belajar mengajar harus dilakukan melalui pembelajaran daring atau jarak jauh (Berdasarkan SE No. 4 Tahun 2020 tentang kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran COVID-19).

Baca Juga   Sejarah Perkembangan Teknologi

Dampak yang dirasakan akibat pandemi ini juga membuat pendidikan di Indonesia mulai bereksperimen dengan menciptakan beberapa teknologi pendidikan yang menunjang pembelajaran serta turut aktif mengikuti revolusi industri 4.0. Dengan keadaan kritis ini pemerintah serta kalangan akademisi menciptakan teknologi pendidikan dengan berbagai macam model mulai berupa aplikasi, website, podcast,class room dan lainnya demi menciptakan keadaan efisien untuk generasi muda/millenial saat belajar mandiri.

Sistem pembelajaran seperti sekarang ini di dunia pendidikan di saat wabah Corona virus disease 19 (covid 19) Kurikulum 2013 (K. 13 )sangat sesuai di gunakan dalam dunia pendidikan kita sekarang ini, karena, pada kurikulum 2103 sekarang ini dilakukan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa (Student Centered Learning), sebagai mana yang tertuang dalam dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) no. 81A tentang Implementasi Kurikulum 2013.

Permendikbud itu menyebut ada pola-pola pembelajaran yang perlu diubah. Antara lain pola pembelajaran satu arah (interaksi guru-siswa) perlu diubah menjadi pembelajaran interaktif, pola pembelajaran terisolasi menjadi pembelajaran secara jejaring dengan pemanfaatan media teknologi imformasi dan komunikasi, dengan pola ini pembelajaran pasif menjadi pembelajaran aktif-mencari.

Sebuah solusi belajar berbasis teknologi harus bisa menghadirkan sekaligus menguatkan interaksi antara guru dan siswa, dengan sistem daring supaya proses pembelajaran tetap bejalan sepeti yang di harapkan oleh masyarakat umum.

Oleh karena itu, solusi belajar berbasis teknologi pasti harus bisa memberikan solusi tepat dan cepat pada saat siswa membutuhkan pembelajaran langsung bisa interaksi antara Guru dengan siswa secara Daring.

Baca Juga   Pengertian Flashdisk Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Flashdisk

Dengan harapan adalah agar solusi belajar berbasis teknologi imformasi bisa online dengan apa yang diajarkan di sekolah dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku walaupun dalam kondisi pandemi wabah Covid 19.

“Harus ada quality control, tim akademik yang telah di bentuk dalam rangka menanggulangi pembelajaran pada saat mengatasi pandemi wabah Covid 19 tentang materi. Dan ini harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab, karena terkait dengan masa depan generasi anak bangsa.

Oleh karena itu Guru harus memiliki kemampuan menguasai teknologi imformasi dan komunikasi, seperti mendesain konten pembelajaran, mengelola sumber belajar, membangun kemandirian belajar siswa, dan berkomunikasi multi arah.Pola interaksi aktif yang baik harus dibangun, kegiatan belajar bisa di kontrol, kesulitan belajar bisa di selesaikan, hasil belajar bisa terjamin dan berkualitas, dan dapat mengevaluasi pembelajaran.

Dengan memanfaatkan media teknologi secara Daring dan media lainnya yang sesuai dengan konektifitas internek yang ada di masing-masing satuan Pendidikan. Aktifitas pembelajaran Guru dan siswa terus berlangsung tampa ada efek yang sedang di hadapi masyarakat sekarang yaitu penyebaran pandemi Covid 19.

Dari sini hendaknya guru turut mengingatkan para siswa untuk fokus terhadap pembelajaran, dengan membentengi diri dengan ilmu agama sehingga dapat memberikan pemahaman yang kuat bagi siswa agar dapat menyaring serta memanfaatkan hal positif dari teknologi internet selama melakukan aktivitas belajar.

Selain itu, adanya internet membuat masyarakat terbantu dengan hadirnya aplikasi maupun website yang berisi pemetaan lokasi persebaran kasus Covid-19, yang diperbaharui dari hari ke hari. Sehingga dengan demikian, masyarakat diharapkan untuk waspada dan mengurangi aktivitasnya di daerah tersebut.

Berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun swasta juga gencar menyebarkan pesan-pesan di internet yang berisi informasi mengenai Covid-19. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa peran internet ini sangat krusial di masa pandemi, terlebih masyarakat Indonesia saat ini lebih banyak menghabiskan waktunya di internet daripada di tempat lain

Share :

Baca Juga

Pengertian Flashdisk Beserta Fungsi

Teknologi

Pengertian Flashdisk Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Flashdisk
Teknologi Pertanian dan Pangan

Teknologi

Teknologi Pertanian dan Pangan di Indonesia
Fungsi Tujuan Manfaat Teknologi

Teknologi

Pengertian Fungsi Tujuan Manfaat Teknologi Informasi
Sejarah Perkembangan Teknologi

Teknologi

Sejarah Perkembangan Teknologi
Teknologi Ramah Lingkungan

Teknologi

Teknologi Ramah Lingkungan Di Indonesia
Perkembangan E-Sport di Indonesia

Teknologi

Perkembangan E-Sport di Indonesia
hosting servers

Teknologi

Why Should You Opt for A VPS Hosting with Full Root Access?