Home / Keluarga

Jumat, 30 April 2021 - 21:56 WIB

Cara Mengatasi Masalah Rumah Tangga

Cara Mengatasi Masalah Rumah Tangga : Pandemi Covid-19 menjadi salah satu pemicu munculnya masalah dalam keluarga. Jika tak diatasi, persoalan keluarga ini dapat berujung pada perceraian.Ada kabar semakin banyak istri menggugat cerai ke pengadilan agama di masa pandemi Covid-19 ini. Penyebabnya terutama suami yang terkena PHK, yang berdampak pada perekonomian keluarga sehingga menimbulkan konflik dan berujung gugatan perceraian dari pihak istri

Terjadi konflik rumah tangga yang tak terselesaikan berlarut-larut dan beranggapan bahwa perceraian adalah sebuah solusi. Perceraian bukan solusi terbaik dalam menghadapi masalah rumah tangga. Salah satu cara mengatasi masalah rumah tangga yaitu konsultasi keluarga. Konflik rumah tangga kerap terjadi ketika salah satu pasangan menuntut, tidak ada keinginan untuk saling memberi sehingga harus ditanamkan kepada masing-masing suami istri untuk mempunyai keinginan saling memberi.

Kedua, memaklumi. Ketika pasangan hidup bermasalah, melakukan kesalahan sengaja atau tidak, maka tugas yang lain adalah memaklumi. Kemudian, memaafkan. Apabila kesalahan seperti berbohong, mengkhianati, selingkuh yang dirasakan menyakitkan, maka maafkanlah pasangan. Ketiga resep itulah upaya untuk menjaga keutuhan rumah tangga.

Selain ekonomi, terus di rumah juga memicu pertengkaran lebih sering. Selain faktor ekonomi, ketika suami di rumah tak ada kegiatan, suami akhirnya lebih berorientasi kepada istri sehingga merasa itu hiburan. Ketika lebih sering berdua akan lebih banyak bermasalah. Banyak istri hamil dan tanggung jawab atau beban istri jadi lebih berat karena pekerjaan rumah seperti cuci gosok tertumpu pada istri. Ini yang menjadi masalah atau pemicu pertengkaran dalam rumah tangga di tengah pandemi.

Suami istri yang sedang hendak menikah memahami betul niat itu penting. Niat dan cara yang benar akan menghasilkan pernikahan yang benar. Pernikahan yang dilakukan penuh kesadaran, kematangan suami istri, bisa mengelola manajemen konflik di dalam rumah tangga.

Cara menyelesaikan masalah rumah tangga tanpa pertengkaran

Berbeda pendapat dengan pasangan merupakan hal wajar dan bisa menjadi bumbu dalam sebuah hubungan. Namun, jika perbedaan pendapat berujung pertengkaran dan terjadi terlalu sering, Anda mungkin perlu mengetahui beberapa cara menyelesaikan rumah tangga yang lebih efektif!Jangan salah, cara menyelesaikan rumah tangga ini juga bisa digunakan sebagai cara menyelesaikan masalah dengan pacar.

Jangan membalas perilaku negatif pasangan

Baca Juga   Membangun Keluarga Bahagia itu Sebenarnya Sederhana

Terkadang perkataan atau perilaku negatif dari pasangan dapat memicu emosi-emosi negatif yang membuat Anda tergerak untuk membalas apa yang telah pasangan lakukan dalam bentuk perkataan ataupun tindakan.Atmosfer yang negatif akan membuat suami istri bertengkar semakin hebat. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh memperkeruh suasana dan justru harus meredakan atmosfer negatif dengan bertindak dan berkata yang positif.

Sadari apa yang memunculkan perasaan tersebut

Cara menyelesaikan masalah rumah tangga adalah dengan menyadari apa yang membuat Anda kesal ataupun marah.Bila Anda sudah berhasil mengetahui apa yang membuat Anda merasakan emosi-emosi tersebut, maka komunikasi dengan pasangan akan menjadi lebih mudah.

Fokus ke satu permasalahan

Anda mungkin sangat tergiur untuk langsung mengungkit berbagai masalah dalam rumah tangga yang membuat kesal, tetapi Anda tidak boleh membahas semuanya sekaligus.Sebaiknya Anda membahas salah satu permasalahan yang relevan dan sesuai dibahas dalam keadaan tersebut.Membahas semua permasalahan sekaligus dapat membuat pembicaraan dengan pasangan menjadi ajang untuk komplain yang penuh dengan emosi sehingga memicu pertengkaran.

Beritahukan apa yang Anda rasakan dengan jelas

Komunikasi yang baik dengan pasangan adalah kunci dalam menyelesaikan masalah rumah tangga maupun cara menyelesaikan masalah dengan pacar.Bicarakan perasaan yang dialami dan penyebab munculnya perasaan tersebut secara jelas tanpa dibumbui dengan sarkasme maupun agresivitas.Hindari juga mengungkit masalah-masalah yang lalu yang dapat memicu suami istri bertengkar.

Jangan salahkan pasangan

Saat sedang mengutarakan apa yang Anda pikirkan dan rasakan, jangan langsung menyalahkan pasangan, tetapi tekankan bagaimana perilaku atau perkataan pasangan memicu emosi yang Anda rasakan.Misalnya, Anda mengatakan kepada pasangan bahwa Anda merasa kesal karena pasangan lupa mencuci piring atau tidak meletakkan baju kotor di ember.

Dengarkan pasangan

Selain komunikasi, kemampuan untuk mendengarkan pasangan juga merupakan dasar penting dari cara menyelesaikan masalah rumah tangga ataupun cara menyelesaikan masalah dengan pacar.Mendengarkan dengan baik dan tidak memotong saat pasangan berbicara dapat membantu Anda mengetahui apa yang pasangan Anda rasakan. Anda juga bisa memahami duduk permasalahan dengan lebih jelas.

Hindari berdebat dengan pasangan

Selain tidak memotong apa yang sedang diutarakan oleh pasangan, hindari pula berdebat dengan pasangan dan mencoba untuk menjadi defensif.Cobalah untuk memahami apa yang dialami pasangan dan beritahukan kepada pasangan apa yang Anda tangkap ceritanya untuk mengkonfirmasi bahwa Anda memahami maksudnya.

Baca Juga   Tips Cara Mewujudkan Keluarga yang Bahagia

Coba memahami pasangan

Cara menyelesaikan masalah rumah tangga adalah dengan mencoba memahami apa yang dirasakan oleh pasangan. Bayangkan jika diri Anda berada di posisi padangan.

Mencari solusi

Setelah saling menceritakan perasaan dan pikiran masing-masing, Anda dan pasangan bisa fokus dalam mencari solusi atas pertengkaran yang terjadi. Apabila pertengkaran dipicu oleh kesalahpahaman, maka Anda bisa mengakhiri pertengkaran dengan saling memaafkan.

Berikan jeda waktu dengan pasangan

Jangan paksakan diri untuk membicarakan masalah yang terjadi dan berikan waktu untuk diri Anda dan pasangan agar bisa menenangkan diri untuk menghindari suami istri bertengkar.Jika saat membicarakan masalah yang terjadi Anda dan pasangan mulai bertengkar kembali, berikan lagi jeda waktu hingga Anda dan pasangan tenang kembali.
Mencoba Hal Baru Bersama Pasangan
Tidak hanya memperbaiki komunikasi dan menangani konflik dengan sehat, melakukan hal-hal baru bersama pasangan juga dapat menguatkan rumah tangga dari pertengkaran. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

Melakukan kencan

Sibuk menjalankan peran sebagai suami dan istri, atau ayah dan ibu jangan sampai membuat rasa cinta antara Anda dan pasangan menjadi berkurang. Sempatkanlah melakukan kencan untuk menyegarkan pikiran, dan mengulang masa-masa manis sebelum menikah.

Mencoba hal baru yang menyenangkan

Lakukan hal-hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya saat kencan. Ini dapat membantu Anda menghilangkan stres dan kebosanan dalam rumah tangga. Dengan melakukan hal baru bersama pasangan, rasa cinta yang mungkin sempat terhalang oleh bosan dan amarah bisa tumbuh kembali.

Berpartisipasi aktif dalam kehidupan masing-masing

Terlibatlah dalam apa yang pasangan Anda lakukan, dan sebaliknya ajaklah pasangan Anda untuk mengenali apa yang Anda lakukan. Hal ini akan menimbulkan perasaan saling membutuhkan dan mengurangi stres karena pekerjaan dilakukan bersama. Jika Anda orang tua, cobalah untuk menjadi tim yang mendukung Anak bersama-sama.

Kesimpulan

Komunikasi dan keterbukaan adalah hal yang mendasar dalam cara menyelesaikan masalah rumah tangga ataupun cara menyelesaikan masalah dengan pacar. Apabila suami istri sering bertengkar dan kesulitan untuk menyelesikan masalah rumah tangga yang ada, Anda dan pasangan bisa berkonsultasi dengan psikolog, konselor, ataupun, psikiater.

Share :

Baca Juga

Mewujudkan Keluarga yang Bahagia

Keluarga

Tips Cara Mewujudkan Keluarga yang Bahagia
Keluarga Penting Dalam Hidup

Keluarga

Alasan Mengapa Keluarga Penting Dalam Hidup
Kunci Sederhana Mewujudkan Keluarga Bahagia

Keluarga

Membangun Keluarga Bahagia itu Sebenarnya Sederhana