Home / Teknologi

Senin, 7 Juni 2021 - 11:56 WIB

Pengertian Flashdisk Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Flashdisk

Di zaman yang semakin modern dan berkembang saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi juga semakin tidak terbendung. Dalam dunia komputer pasti banyak ditemukan perkembangan dalam hal hardware maupun software. Perkembangan spesifikasi pada komputer banyak dipengaruhi oleh kemunculan hardware terbaru (contohnya seperti processor, RAM dan VGA card) serta OS atau sistem operasi.

Selain komponen hardware tersebut masih banyak komponen lain yang mengalami kemajuan mengikuti kemajuan dalam bidang komputerisasi. Sebut saja hardware penyimpanan seperti flashdisk yang akan kami bahas lebih mendalam pada artikel kali ini.

Kami lebih menekankan pembahasan mengenai pengertian flashdisk, fungsi serta kelebihan dan kekurangan flashdisk dengan harapan agar selain menggunakan para pembaca juga mampu memahami mengenai komponen penyimpanan yang satu ini.

Pengertian Flashdisk

USB flash drive atau Flashdisk adalah salah satu media penyimpanan data portabel yang dapat dihubungkan melalui port USB suatu komputer atau laptop. Sebagai komponen penyimpanan, pada awalnya keberadaan Flashdisk tidak terlalu vital seperti saat ini, bahkan ukuran Flashdisk pada awalnya tidak kurang dari ½ GB atau 512 MB saja. Ukuran seperti itu bahkan lebih kecil dari ukuran CD atau DVD – ROM saat ini (700 MB).

Namun seiring berjalannya waktu keberadaan Flashdisk saat ini menjadi hal yang wajib, bahkan ketika ada orang yang tidak memiliki laptop atau komputer namun ia memiliki Flashdisk dengan tujuan untuk menunjang aktifitas seperti bekerja, sekolah dan lain – lain. Sampai saat ini tersedia Flashdisk dengan ukuran mulai dari 8 GB sampai dengan yang paling besar 32 GB.

Dulunya mungkin anda masih mengenal memori penyimpanan berupa Disket ataupun CD – ROM, namun saat ini sudah tidak terlalu eksis, bahkan keberadaan Disket sudah mulai susah ditemui. Saat ini sudah tersedia berbagai macam merk Flashdisk dan dianggap lebih efektif serta efisien jika dibandingkan dengan Disket ataupun keping CD.

Dengan ukurannya yang kecil dan simpel, wajar saja orang – orang lebih senang menggunakannya. Selain itu Flashdisk ini juga tergolong komponen hardware yang bersifat non volatile, artinya data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun Flashdisk dicabut atau tidak dialiri listrik.

Pada beberapa momory internal komputer terkadang data yang tersimpan akan hilang ketika komputer dimatikan. Selain itu penggunaan Flashdisk juga sangat efektif dan efisien karena data yang tersimpan bisa dirubah setiap saat.

Fungsi Flashdisk

Flashdisk atau biasa disebut USB flash drive memang dibuat dengan tujuan khusus sebagai media penyimpanan file. Namun ada hal lain lagi yang dapat anda temukan dari hardware yang satu ini, yakni menjadi ketersediaan ruang untuk segala macam ekstensi file serta memungkinkan dilakukan perubahan pada suatu dokumen setiap saat.

Hal inilah yang menjadi faktor utama penggunaannya yang kian berkembang pesat sehingga menggeser posisi dari Disket ataupun keping CD.

Baca Juga   Manfaat Teknologi Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Anda juga bisa memainkan berbagai macam file audio dan video dalam PC atau laptop anda. Dan fungsi yang paling berpengaruh adalah ukurannya yang mungil serta mudah dibawa kemanapun. Sangat cocok untuk berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja atau bahkan masyarakat umum sekalipun.

Keperluan untuk memindahkan berbagai macam file dengan tujuan melakukan backup data juga semakin dipermudah mengingat fungsinya yang kompatibel hampir disegala device. Tidak hanya komputer PC atau laptop, anda juga bisa menggunakan Flashdisk sebagai penyimpanan lagu – lagu atau DVD Player.

Dengan adanya flashdisk, maka proses penyimpanan file bisa semakin mudah dilakukan. Selain itu pada flashdisk juga tersedia ruang untuk bermacam ekstensi file sehingga anda bisa merubah dokumen kapan pun dibutuhkan. Inilah yang menyebabkan pemakaian flashdisk semakin banyak sekarang ini dan mulai dijadikan pengganti CD.

Pengguna juga dapat memutar banyak file audio serta video pada laptop atau PC. Ditambah lagi ukurannya yang kecil membuat flashdisk bisa semakin mudah dibawa bepergian baik untuk pekerja, pelajar, mahasiswa hingga masyarakat umum.

Berikut adalah beberapa manfaat dari flashdisk selengkapnya:

1. Untuk Menginstall Distribusi Linux

Untuk sebagian besar distribusi Linux bisa melakukan boot dari CD secara langsung ketika ingin mencoba segala program aplikasi Linux serta lingkungan desktop sebelum nantinya memutuskan untuk diinstal. Sedangkan untuk sekarang ini, laptop yang beredar di pasaran hampir tidak lagi menyediakan ruang untuk CD sehingga flashdisk menjadi alat penting untuk digunakan.

Untuk cara menggunakannya juga cukup sederhana. Selain program distribusi yang dipakai default, anda juga bisa membuat trik memakai aplikasi ISO CD burning distribusi Linux pada flashdisk dengan sistem operasi Windows. Sebagai contoh program Lili atau Linux Live yang bisa diunduh gratis.

2. Untuk Menjalankan Aplikasi Portabel

Flashdisk juga bisa digunakan untuk menyimpan fila serta program tanpa harus memulai sistem operasi yang baru. Anda hanya perlu menghubungkan USB kemudian buka menu Start portabel. Namun meski begitu, tidak semua aplikasi didukung dan kemungkinan anda harus memakai aplikasi open source supaya aplikasi portabel bisa semakin maksimal.

3. Sebagai RAM

Apabila komputer anda lambat, maka flashdisk bisa dipakai untuk meningkatkan kecepatan dari komputer anda. Memori pada flashdisk nantinya bisa memberi ruang penyimpanan tambahan di komputer. Dengan begitu, anda bisa mengelola aplikasi lebih baik lagi sekaligus bisa bekerja lebih cepat.

4. Sebagai Partisi Hardisk

Melakukan partisi pada hard drive juga bisa dilakukan dengan menggunakan flasdisk yakni dengan terlebih dulu menginstall program Parted Magic di flashdisk. Partisi nantinya bisa sulit sekaligus berbahaya ketika sistem operasi berjalan di hard disk yang dituju. Akan tetapi boot yang berasal dari flashdisk nantinya bisa menghilangkan beberapa risiko dan untuk menyederhanakan prosesnya.

Baca Juga   Pengertian Fungsi Tujuan Manfaat Teknologi Informasi

5. Untuk Main

Meski memang tidak bisa seutuhnya disebut game portabel, namun anda tetap bisa menginstall game tertentu di flashdisk sehingga anda bisa main dengan database di flashdisk. Namun ini harus dilakukan dengan sistem operasi PC yang sama seperti contohnya permainan bernama Minecraft.

Kelebihan dan Kekurangan Flashdisk

Dengan segala kelebihan yang ditawarkan serta perkembangannya yang semakin pesat bukan berarti Flashdisk ini tidak memiliki kekurangan. Sebagai media penyimpanan yang simpel dan efisien masih ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan sebelum ingin membeli Flashdisk. Secara detail kelebihan dan kekurangan Flashdisk akan kami jelaskan secara detail dibawah ini :

Kelebihan Flashdisk

Satu hal yang menjadi daya tarik utama dari Flashdisk adalah ukurannya yang kecil dan simpel namun dalam hal penyimpanan cukup besar. Semakin besarnya kapasitas dari suatu Flashdisk bukan berarti menandakan perbedaan ukuran fisiknya.

Flashdisk dapat digunakan sebagai media instalasi windows dengan terlebih dahulu harus dijadikan bootable.
Cara penggunaan yang sangatlah mudah, tidak perlu melakukan instalasi serta tidak memakan waktu terlalu lama. Anda hanya perlu menancapkan Flashdisk ke port USB kemudian tunggu hingga muncul di My Computer atau File Explorer. Setelah itu anda dibebaskan mengakses semua file yang ada di dalamnya.

Dengan pemakaian yang benar tentunya akan semakin memperpanjang umur dari Flashdisk anda serta memperkecil kemungkinan dijangkit virus yang berasal dari komputer. Hindari juga pencabutan Flashdisk dari komputer secara paksa karena selain data yang kemungkinan tidak tersimpan juga bisa menimbulkan kerusakan.

Mengingat penggunaannya bagi semua kalangan termasuk anak – anak yang masih bersekolah, menjadikan harga Flashdisk ini sangat terjangkau bahkan untuk merk kelas atas sekalipun. Akan tetapi perlu diingat juga adanya pengawasan dari orang tua terhadap anak – anaknya dalam memanfaatkan segala bentuk teknologi, salah satunya flashdisk ini.

Kekurangan Flashdisk

Dibalik ukurannya yang sangat kecil ternyata anda harus berhati – hati ketika membawa Flashdisk untuk berbagai keperluan karena bentuk yang kecil juga mengindikasikan kemungkinan hilangnya atau terjatuh semakin besar.
Selain mudah hilang dan jatuh ternyata anda juga harus mewaspadai ketika lupa menaruh Flashdisk di celana dan akhirnya tidak sengaja dicuci.

Adanya kontak antara peralatan elektronik dengan air juga dapat menyebabkan kerusakan atau konsleting ketika dialiri daya dari komputer. Mengingat banyak merk Flashdisk yang bahkan tidak memiliki tutup untuk melindungi bagian dalamnya.

Karena ukurannya yang masih terbatas orang – orang lebih memilih untuk menggunakan memory eksternal daripada Flashdisk untuk keperluan backup data dalam skala besar.

Semoga pembahasan mengenai pengertian flashdisk kali ini bermanfaat dan mudah dipahami. Dapat disimpulkan bahwa flashdisk ini merupakan media penyimpanan portable yang semakin populer, hal tersebut karena sifatnya yang simpel, removable dan mudah digunakan, bahkan untuk orang awam sekalipun.

Share :

Baca Juga

hosting servers

Teknologi

Why Should You Opt for A VPS Hosting with Full Root Access?
Fungsi Tujuan Manfaat Teknologi

Teknologi

Pengertian Fungsi Tujuan Manfaat Teknologi Informasi
Perkembangan E-Sport di Indonesia

Teknologi

Perkembangan E-Sport di Indonesia
Teknologi Ramah Lingkungan

Teknologi

Teknologi Ramah Lingkungan Di Indonesia
Sejarah Perkembangan Teknologi

Teknologi

Sejarah Perkembangan Teknologi
Teknologi Pertanian dan Pangan

Teknologi

Teknologi Pertanian dan Pangan di Indonesia
Manfaat Teknologi Pendidikan

Teknologi

Manfaat Teknologi Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19