Home / Teknologi

Jumat, 16 April 2021 - 23:31 WIB

Teknologi Ramah Lingkungan Di Indonesia

Teknologi Ramah Lingkungan Di Indonesia : Bahasan terkait pemanasan global terus memacu manusia untuk menciptakan teknologi ramah lingkungan. Isu perubahan iklim pun tidak hanya sekali dua kali terdengar. Namun, sudah menjadi topik utama yang perlahan mulai disadari banyak orang.

Teknologi ramah lingkungan adalah sebuah konsep yang diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia tanpa perlu merusak atau memberikan dampak negatif di lingkungan sekitar. Saat ini, teknologi jenis ini sedang banyak dikembangkan, sehingga kedepannya diharapkan mampu menjaga keseimbangan alam.

Di Indonesia sendiri sudah mulai diterapkan beberapa jenis green technology. Mulai dari pemanfaatan pembangkit listrik tenaga angin, penggunaan biogas, hingga pemasangan panel surya untuk kebutuhan penerangan jalan raya.

Berikut merupakan ulasan selengkapnya tentang pengertian, manfaat dan contoh teknologi ramah lingkungan yang bisa sahabat jadikan sebagai referensi pembelajaran.

 

Pengertian Teknologi Ramah Lingkungan

Teknologi ramah lingkungan bisa memberikan pengaruh signifikan terhadap perubahan iklim global. Sejumlah inovasi untuk mendukung hal ini pun sekarang sudah banyak dikembangkan sesuai kebutuhan.

Lantas, apa sih pengertian teknologi ramah lingkungan itu? Secara umum, teknologi ramah lingkungan adalah metode yang penerapannya mengacu pada wawasan guna mencapai tujuan tanpa harus mengorbankan berbagai kaidah kelestarian lingkungan sekitar.

Jika dibandingkan dengan teknologi konvensional, teknologi yang mengutamakan keselamatan lingkungan biasanya memerlukan biaya lebih besar. Maka dari itu, penerapannya bisa dibilang sangat lambat berkembang jika tidak didorong oleh kemauan kuat serta asupan sumber modal.

Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan

Setidaknya ada 6 prinsip teknologi ramah lingkungan yang bisa diterapkan oleh semua orang. Berikut merupakan penjelasan terkait prinsip-prinsip tersebut.

1. Refine

Refine berarti menjunjung prinsip proses produksi yang lebih aman jika dibandingkan dengan teknologi sebelumnya.

2. Reduce

Berbeda dari teknologi konvensional, teknologi hijau menjunjung prinsip Reduce yang berarti bisa mengurangi adanya limbah sisa penggunaan.

3. Reuse

Sesuai namanya, reuse berarti menggunakan kembali bahan-bahan yang sudah tidak terpakai, kemudian mengkonversikannya menjadi produk baru.

4. Recycle

Prinsip recycle hampir mirip dengan reuse, hanya saja recycle lebih ke arah menggunakan kembali sisa bahan atau limbah kemudian diproses dengan cara yang berbeda.

5. Recovery

Recovery berarti memanfaatkan bagian tertentu dari limbah untuk diproses ulang menjadi produk turunan.

6. Retrieve Energy

Prinsip ini berarti sebagai tanda bahwa green technology melakukan penghematan energi dalam setiap kali melakukan proses produksi.

 

 Contoh Teknologi Ramah Lingkungan.

 

Di era perkembangan yang serba canggih saat ini, teknologi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Ya, dengan teknologi tersebut, maka manusia bisa lebih mudah untuk melakukan berbagai pekerjaannya. Namun sayangnya, banyak orang yang kurang memperhatikan impact atau dampak yang akan terjadi jika tidak menggunakan teknologi tersebut dengan tepat.

Oleh karena itu, akhir-akhir ini banyak diperbincangkan tentang teknologi yang sangat ramah untuk lingkungan. Hal ini bertujuan supaya lingkungan sekitar bisa tetap terjaga tanpa adanya pencemaran yang diakibatkan dari penggunaan teknologi tersebut. Salah satu aspek yang sangat mempengaruhi lingkungan adalah limbah. Jadi, bisa dikatakan bahwa teknologi yang ramah lingkungan adalah teknologi yang mengeluarkan limbah dengan cara yang lebih efektif dan juga efisien sehingga tidak akan berakibat buruk terhadap lingkungan.

Baca Juga   Manfaat Teknologi Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Apabila Anda masih bingung apa saja yang termasuk ke dalam teknologi yang ramah lingkungan, berikut merupakan ulasan mengenai 5 contoh teknologi ramah lingkungan yang wajib Anda tahu. Yuk, simak penjelasannya ya!

1. Biogas

Contoh teknologi yang ramah lingkungan yang sudah sangat populer dalam kehidupan masyarakat adalah biogas. Ya, biogas adalah sejenis bahan bakar yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Mengapa teknologi yang satu ini bisa tergolong menjadi sebuah teknologi yang ramah lingkungan? Pasalnya, biogas ini diperoleh dari fermentasi suatu bakteri yang hidup tanpa oksigen atau anaerob.

2. Panel Surya

Selanjutnya, contoh teknologi ramah lingkungan adalah panel surya. Teknologi yang satu ini dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Ada berbagai kelebihan dari panel surya ini di antaranya yaitu tidak akan menghasilkan gas rumah kaca, energi yang didapatkan terbilang cukup besar, bisa dipindahkan dan juga dikembangkan.

3. Biopori

Teknologi yang juga harus Anda ketahui pada bidang lingkungan adalah biopori. Teknologi ini dibuat untuk resapan air. Untuk bentuknya sendiri merupakan lubang silindris yang dibuat vertikal di dalam tanah.

4. Mobil Listrik

Untuk bidang transportasi, contoh teknologi ramah lingkungan yaitu mobil listrik. Sesuai dengan namanya, penggerak dari mobil ini merupakan listrik. Sehingga, para pengguna tidak perlu menggunakan bahan bakar untuk bisa menjalankannya.

5. Mobil Surya

Selain terdapat mobil yang menggunakan tenaga listrik, adapula mobil surya yang tentunya menggunakan tenaga matahari sebagai penggeraknya. Nah, supaya bisa dipakai dengan cara yang lebih stabil, teknologi yang sangat ramah lingkungan ini sudah dilengkapi dengan area khusus untuk menyimpan energi.

6. Kincir Angin

Angin dapat dimanfaatkan sebagai alternatif sumber energi pengganti bahan bakar fosil. Energi angin dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan baling-baling atau kincir yang kemudian menghasilkan jenis energi lain, seperti energi listrik untuk berbagai keperluan.

Sistem kincir angin adalah merupakan sumber energi ramah lingkungan yang tidak menyebabkan polusi udara. Tentu hal ini berbeda dengan energi listrik yang dihasilkan oleh bahan bakar non terbarukan yang memberikan dampak butuh bagi atmosfer.

Contoh negara yang menerapkan teknologi ramah lingkungan kincir anfin adalah Belanda. Selain itu, penerapan di Indonesia telah dilakukan di PLTB Sidrap.

7. Lampu Seumur Hidup

Ide menciptakan lampu seumur hidup datang dari mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya. Lampu hemat energi ini merupakan jawaban untuk persoalan krisis energi yang sedang melanda bumi.

Seiring pertumbuhan penduduk yang kian pesat, kebutuhan energi juga berbanding lurus dengan kondisi tersebut. Sementara pasokan energi berbahan fosil makin hari semakin memprihatinkan. Dilansir Tempo.co, sekelompok mahasiswa dari universitas tersebut memanfaatkan bakteri bioluminescence untuk menciptakan lampu seumur hidup.

Baca Juga   Perkembangan E-Sport di Indonesia

Bakteri yang ada dalam tubuh cumi-cumi ini mampu mengeluarkan cahaya berwarna biru. Semakin banyak jumlah kandungan bakterinya, maka lampu akan semakin terang. Selain ramah lingkungan, pertimbangan biaya produksinya pun cukup ekonomis karena dapat dipakai seumur hidup. Sebab, bakteri yang mati akan menghasilkan indukan baru.

8. Lemari Es Tanpa Listrik

Kebutuhan akan lemari pendingin telah menjadi hal wajib bagi masyarakat di Indonesia. Hal ini menginspirasi terciptanya kulkas atau lemari es tanpa listrik yang dibuat oleh Arya Nardhana dan Sanika Putra, siswa SD Al Azhar 14 Semarang.

Dikutip dari Detik.com, kulkas tanpa listrik ini terbuat dari bahan styrofoam, pasir, serta air dingin. Lemari es dengan sistem sederhana ini mampu menjaga sayuran tetap segar hingga satu minggu.

9. EcoATM

Meskipun teknologi ini belum diterapkan di Indonesia, diharapkan secepatnya Indonesia dapat mengadopsi teknologi mesin ramah lingkungan ini. EcoATM adalah sebuah kios atau anjungan yang berfungsi membeli kembali ponsel dan MP3 Player bekas milik pengguna secara otomatis.

Bagi yang kehabisan uang di tengah bulan, ATM ini merupakan penyelamat. Mesin bekerja menganalisis kondisi barang dan mencari harga tertinggi di pasaran. Jika pengguna setuju dengan apa yang ditawarkan oleh mesin, maka pengguna cukup mengambil uangnya.

EcoATM kemudian akan menjual ponsel maupun MP3 player bekas ke pemakai lain atau mendaur ulangnya. Selain mengatasi masalah keuangan, mesin ini juga dapat mencegah bocornya senyawa berbahaya ke tanah sehingga berkontribusi menjaga alam.

10. Peti Mati yang Mudah Terurai

Peti mati yang mudah terurai ini dinamakan Ecoffin. Perusahaan dari Colorado Amerika Serikat menciptakan inovasi peti dengan bahan utama pembuatan berupa pelepah pisang, pandan, bambu, kayu pinus, dan bahan-bahan lainnya.

Peti mati ini lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan metode kremasi yang menggunakan kayu bakar biasa. Proses kremasi membutuhkan energi dengan intensitas tinggi sehingga dapat menghasilkan emisi ke atmosfer.

11. Taman di Atap Rumah

Sudah banyak bangunan yang membangun taman di atap rumah. Adanya taman di bagian atap ini berfungsi menyerap panas serta mengurangi CO2. Adanya tumbuh-tumbuhan di atap rumah akan membuat rumah lebih ramah lingkungan dan membuat bangunan tampak makin indah

Hunian dengan taman di atap rumah (rooftop garden) ini paling banyak dijupai di Selandia Baru dan Islandia.

12. Lantai Penghasil Listrik

Stasiun ramah lingkungan pertama kali digagas oleh Jepang sejak 2008. Area stasiun ramah lingkungan ini menggunakan lempengan keramik yang berfungsi mengubah tekanan menjadi tegangan listrik. Hasilnya, semakin banyak orang berlalu lalang dan berjalan di lantai tersebut, maka energi yang dihasilkan akan semakin banyak

Bumi yang hijau dan kaya akan keanekaragaman hayati merupakan anugerah sekaligus titipan dari Tuhan. Tentu sebagai makhluk paling beradab, seyogyanya kita berperan lebih aktif dalam menjaga serta melestarikan lingkungan hidup.

Demikianlah ulasan mengenai  contoh teknologi ramah lingkungan yang harus Anda ketahui, semoga bermanfaat

Share :

Baca Juga

Manfaat Teknologi Pendidikan

Teknologi

Manfaat Teknologi Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19
Pengertian Flashdisk Beserta Fungsi

Teknologi

Pengertian Flashdisk Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Flashdisk
Teknologi Pertanian dan Pangan

Teknologi

Teknologi Pertanian dan Pangan di Indonesia
Fungsi Tujuan Manfaat Teknologi

Teknologi

Pengertian Fungsi Tujuan Manfaat Teknologi Informasi
Perkembangan E-Sport di Indonesia

Teknologi

Perkembangan E-Sport di Indonesia
Sejarah Perkembangan Teknologi

Teknologi

Sejarah Perkembangan Teknologi
hosting servers

Teknologi

Why Should You Opt for A VPS Hosting with Full Root Access?