Home / Gaya Hidup

Kamis, 22 April 2021 - 22:47 WIB

11 Tradisi Lebaran di Indonesia

11 Tradisi Lebaran di Indonesia : Hari Raya Idul Fitri adalah perayaan keagamaan bagi umat muslim setelah menjalankan puasa ramadhan satu bulan lamanya. Namun, tidak jarang seluruh masyarakat Indonesia ikut serta merayakan dan mengikuti ritual wajib setiap lebaran.

Idul Fitri merupakan hari raya yang dirayakan oleh semua umat muslim di dunia. Di Indonesia sendiri, Idul Fitri juga populer dengan sebutan Lebaran. Tak hanya julukannya saja yang khas, Indonesia sendiri juga memiliki tradisi Idul Fitri yang khas.

Yuk, lihat apa saja tradisi Lebaran unik yang hanya bisa kamu temukan saat perayaan Idul Fitri di Indonesia!

Berbagai Tradisi Lebaran di Indonesia

1. Membuat kue lebaran

Kue kering adalah salah satu makanan yang sangat identik dengan lebaran. Biasanya, kue lebaran menjadi salah satu suguhan utama untuk para tamu yang berkunjung ke rumah di hari raya idul fitri.

Meski tidak sedikit yang membeli kue sebagai persiapan lebaran, tetapi ada juga yang memilih untuk membuatnya sendiri. Bagi kamu yang hobi membuat kue kering, tentu ini bisa menjadi ajang menunjukkan kebolehan kamu kepada para tetangga dan saudara yang datang ke rumah nanti.

2. Ketupat

Hampir setiap negara memiliki makanan khas Idul Fitri mereka masing-masing. Di Indonesia sendiri, perayaan Lebaran tak bisa lepas dari kehadiran Ketupat. Hampir setiap rumah akan menyajikan kuliner khas ini di hari raya Idul Fitri lengkap dengan berbagai lauk pendamping yang tak kalah khas seperti opor, rendang, sambal goreng, dan lainnya.

3. Salam Tempel

Tradisi Lebaran di Indonesia yang unik selanjutnya adalah tradisi “salam tempel” dimana anggota keluarga yang telah dewasa dan berpenghasilan akan membagi-bagikan amplop berisikan THR kepada anak-anak kecil. Tak heran jika tradisi Lebaran satu ini adalah yang paling ditunggu oleh anak-anak saat Idul Fitri tiba.

Baca Juga   Cara Hidup Sederhana Dan Tidak Berlebihan

4. Baju Baru

Satu hal lagi yang paling ditunggu-tunggu saat hari raya Lebaran adalah berbelanja baju baru. Bahkan, memasuki bulan Ramadan sudah banyak promo-promo Lebaran dimana-mana bagi para pemburu baju baru untuk Lebaran.

5. Parcel Lebaran

Parcel Lebaran juga salah satu tradisi Idul Fitri yang cukup populer di Indonesia dimana orang-orang akan membagikan bingkisan kepada sanak-saudara atau kerabar yang merayakan Idul Fitri. Isi dari parcel Lebaran umumnya berupa minuman dan makanan ringan khas Idul Fitri, namun tak jarang pula orang yang berkreasi dengan parcel Lebaran yang berisi hal-hal unik lainnya.

6. Sungkeman

Sungkeman merupakan salah satu ritual wajib yang akan dilakukan selepas menjalankan ibadah sholat ied. Biasanya, sungkeman hanya dilakukan dengan keluarga saja, seperti ayah, ibu, kakak, atau kakek dan nenek.

Sungkeman ini menjadi kegiatan simbolis permintaan maaf dari anggota keluarga yang lebih muda kepada anggota keluarga yang lebih tua, seperti dari anak kepada orangtua atau dari adik ke kakak.

7. Takbiran

Takbiran adalah tradisi Lebaran di Indonesia selanjutnya yang berlangsung pada malam hari menjelang hari Lebaran dimana orang-orang akan berkeliling mengumandangkan takbir sembari menabuh beduk dengan meriah. Pawai takbiran ini sendiri bisa berbeda-beda di setiap daerah tergantung tradisi di daerah tersebut.

Baca Juga   6 Tips Untuk Membantu Anda Memilih Bulu Mata Palsu yang Sempurna

8. Petasan dan Kembang Api

Satu lagi tradisi Lebaran di Indonesia yang tak kalah meriah dari malam Takbiran adalah petasan dan kembang api. Petasan umumnya dimainkan pada pagi hari setelah ibadah shalat Ied, sedangkan kembang api sudah memeriahkan langit di malam Takbiran.

9. Ziarah atau Nyekar

Melakukan ziarah kubur atau nyekar ke makam keluarga dan leluhur adalah salah satu tradisi Lebaran yang juga kerap dilakukan masyarakat Indonesia di hari Lebaran. Umumnya ziarah kubur atau nyekar ini dilakukan sehari sebelum Lebaran atau di pagi hari pertama Lebaran.

10. Halal bi Halal

Hari raya Lebaran di Indonesia sangat identik dengan silahturahmi sehingga tak heran jika Halal bi Halal menjadi salah satu tradisi Lebaran di Indonesia yang dilakukan oleh semua masyarakat yang merayakan Idul Fitri.

Hari pertama Lebaran kerap dijadikan momem untuk mengunjungi keluarga, sahabat, ataupun tetangga untuk bersilahturahmi dan mengucapkan maaf satu sama lain. Tradisi inilah yang dikenal sebagai Halal bi Halal.

11. Mudik

Tradisi Lebaran di Indonesia selanjutnya adalah Mudik alias “Pulang Kampung”. Libur Lebaran memang menjadi momen untuk bersilahturahmi sehingga buat para perantau atau kamu yang memiliki keluarga di kampung halaman pasti memanfaatkan momen Lebaran untuk Mudik. bukan?

Baik menggunakan pesawat, kereta, ataupun membawa mobil sendiri, mudik sudah menjadi tradisi Lebaran yang tak bisa lepas dari masyarakat Indonesia.

Itulah berbagai 11 tradisi Lebaran yang ada di Indonesia. Tradisi Lebaran mana yang tak pernah kamu lewatkan dan jadi pilihan favoritmu?

Share :

Baca Juga

Tren 5 Cara Bisnis Fashion Bertahan Saat Pandemi Covid-19

Gaya Hidup

Tren 5 Cara Bisnis Fashion Bertahan Saat Pandemi Covid-19
Hidup Sederhana Dan Tidak Berlebihan

Gaya Hidup

Cara Hidup Sederhana Dan Tidak Berlebihan
trend fashion baju muslim terbaru 2021

Gaya Hidup

Trend Fashion Baju Lebaran Muslim Tahun 2021
Pengertian Gaya Hidup

Gaya Hidup

Pengertian Gaya Hidup, Jenis, Indikator, Faktor Yang Mempengaruhi
Bulu Mata Palsu yang Sempurna

Gaya Hidup

6 Tips Untuk Membantu Anda Memilih Bulu Mata Palsu yang Sempurna